Sosio-politik

Indonesia. Sebuah negara kepulauan yang salah dimaintain oleh jamannya Soeharto. TNI yang dikembangkan justru TNI-AD padahal dengan negara kepulauan yg besar diperlukan kekuatan maritim yang super kuat.

Panjang ceritanya kalau berbicara mengenai peta politik Indonesia. Ada kalanya politik ini disalahgunakan. Ada kalanya untuk menyebarkan doktrin2 tertentu, ada pula yg memang ada alasan khusus di belakangnya. Ok bisa kita generalisasikan menjadi adanya suatu kepentingan.

Kepentingan. Siapa bilang kepentingan itu salah? Kepentingan itu tidak salah kok. Hak orang. Namun kepentingan menjadi salah jika ada suatu pemaksaan atau jika ada suatu penyalahgunaan dalam melaksanakan kepentingan tersebut.

Jika kita melihat ke partai-partai politik yang ada, organisasi2 agama, atau pemerintah-pemerintah daerah yang ada, sebenarnya mempunya tujuan yang baik adanya. Sah-sah saja jika masing2 punya kepentingan. Contohnya misalnya (nama hanya fiktif) si Budi dan Ali ingin mencalonkan diri sebagai ketua BEM. Budi memiliki visi misi ingin membuat unviersitas menjadi kampus rakyat. Sementara Ali memiliki visi misi ingin membuat universitas menjadi kampus yang mengeluarkan sarjana2 nomer satu. Maka otomatis, misalkan Ali menang dan Budi kalah (dan ditempatkan misalnya menjadi salah satu ketua bidang Kastrat, misalnya). Maka otomatis Ali akan melancarkan kepentingannya dan kepentingan Budi akan dinomordua atau nomorlimakan…

Well, kembali ke Indonesia. Setelah mengamati dan mencermati, saya menemukan permasalahan di Indonesia ini.

elit politik yang memaksakan kepentingannya,

melanggar hak rakyat sebagai warga negara

Lalu apa sikap2 yang dapat kita lakukan? Di rumusan di atas sudah tertera jelas bahwa hak rakyat sebagai warga negara harus diperjuangkan! Bagaimana? Kita bisa merangkul tmn2, organisasi2 sekeliling kita, untuk tidak hanya bersikap simpati, namun empati terhadap mereka yg tertindas! Banyak sekali kasus2 di Indonesia di mana karena politik yang dijalankan elit politik itu tadi (parpol, penguasa, pemerintah, elit agama, dll), rakyat menjadi korban dan tidak ada keberpihakkan terhadap mereka. Mahasiswa terlalu dibuai oleh sebuah janji2, “udah kamu mahasiswa kuliah saja yang bener.” “Kamu kerja aja yg bener, dunia kerja itu mapan, enak, aman, dapet duit, kalo sukses nanti di depan rumah kamu udah ada mobil.” Namun sisi sosial dihapuskan agar tidak ada yg menentang atau mengkritisi berbagai kebijakan yg sebenarnya tidak pro rakyat!

Makanya, sistem cell dapat digunakan. Sistem cell sebenarnya adalah sistem laksana MLM (multilevel marketing) dmn kita menjaring 3 orang, lalu masing2 dari 3 orang itu jg menjaring org2 di bawahnya lagi. Namun penjaringan ini adalah dimaksudkan untuk mulai merangkul orang2 di sekitar kita agar kritis terhadap kebijakan pemerintah. Kritis bukan berarti selalu berkata tidak! Kebijakan pemerintah itu pasti baik kok apalagi untuk rakyatnya. Namun jika ada hal2 yg perlu dikritisi, sebagai warga negara di negara yang katanya demokrasi ini, sepatutnya kita wajib untuk turut serta aktif dalam kehidupan demokrasi Indonesia! Ada yg tidak benar, atau perlu pengkajian lebih lanjut, harus dikritisi. Dengan merangkul tmn2 kita, kita akan sampai kepada yaaa…. suatu jejaring yang luas, yang bisa menjadi kekuatan tersendiri dalam mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang bertujuan kepada keberpihakan kita terhadap masyarakat. Di sini kita berbicara mengenai masyarakat yg plural, yang tidak semua orang bisa disamaratakan, yang mungkin saja ada yang tertindas akibat kebijakan pemerintah.

Tujuan akhirnya? Yah tentu saja bahasa prosa sekali: menuju negara adil berdasarkan asas demokrasi –> dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Yang terjadi selama ini kan dari dan untuk sudah berjalan namun oleh rakyat tidak berjalan.

Semoga. Ya. Semoga. Demi kebaikan semua masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: