Bomba, Sahabatku

Hatiku susah…

Bomba sakit… aku dr awal sdh menduga itu distemper… dan dokter blg takutnya benar iya distemper… bukan tidak bisa disembuhkan, tp akan berusaha sebaik mgk…

sudah seminggu dia ga makan 1 iris daging, 1 butir nasi, dan minum pun hny sedikit sekali…

bonggol di pantatnya adalah tumor, menurut diagnosis dokter…

if i knew it was tumor, i would have treat him better…

aku malah baru nangis2 n bawa k dokter stl sakit distemper ini… yg kemungkinan sembuhnya kecil… tumornya mgk memakan dagingnya yg sehat… sekarang sdh ga bisa berdiri, keberatan pantatnya… nangis aku meliatnya…

jangan pake perasaan, oke aku berusaha bersikap dingin… tp dlm hati menangis…

i promise him, every night… aku elus2 dia, sambil menatap matanya… aku janji, aku akan merawat dia… i will take care of you… and it’s a promise… aku menghormati janji… klo ada org lain janji sm aku, aku akan memegang janjinya… klo aku berjanji, aku akan menepatinya… karena itu janji… itu komitmen… 10 tahun aku belajar apa itu arti janji dan komitmen dr MB… bukan hal yg mudah… perjuangan dlm diri sendiri jg berat terkadang unt memenuhi janji itu… dan aku berjanji pada anjingku…

dia mgk hanya seekor anjing… yg ga pernah pny hewan peliharaan ato lebih spesifiknya, anjing, pasti ga akan tahu betapa berat hati ini, betapa susah hati ini, betapa terpengaruhnya hati ini, jika terjadi sesuatu sm anjingnya… tp dia kupelihara slma 10 tahun… denan 4 tahun belakangan ini aku mengabaikannya… karena aku pindah ke kost dan jarang pindah ke rumah…

anjingku paling nurut sama aku… dia mengalahan segala macam anjing2 ras lainnya… dia sama hebatnya dengan anjing2 di kontes american’s greatest dog… dia patuh sama aku, dia nurut sama aku, lbh pentingnya, dia setia sama aku…

aku mengajarnya lari, loncat, mengejar bola, menangkap cicak di dinding, melompat demi sebuah tulang ayam, melakukan hal2 ekstrem yg tdk semua anjing bisa… *aku sudah membuktikannya, setiap kali ktmu anjing, aku mencoba mengajar anjing itu unt lompat dsb tp anjing itu memang ga bisa…*

dia jd sedikit liar… dia periang… tabiatnya caper… kadang pemarah… tp tetap lucu dan bisa membuat seisi rumah tertawa… lebih dr itu, dia anjing yg pintar… dia bisa memilah makanan yg tdk ia sukai dr setumpuk nasi dan menyisakannya… dia sengaja menutup mulutnya dengan tangannya klo tdk mau makan… dia mengerti setiap perintah yg diberikan padanya… banyak lagu2 gereja diplesetin olehku unt menjadi “jingle” bomba, hahahaha……..

tak peduli betapa muram atau susah atau sedih rumahku, dia selalu berusaha membuat suasana gembira… kadang ia ikut bersedih seakan mengerti kesulitan tuannya… dia selalu menyambut tuannya jika pulang ke rumah… diranjuk, dicium, dijilat, mulutnya menganga, dan ekornya bergoyang cepat seakan mau putus… hahaha…

kalau aku sakit, ia akan ikut sedih… ia akan menemaniku, tidur di depan kamarku, menunggu aku sembuh… kalau aku harus bergadang belajar atau mengerjakan tugas, ia akan tidur di kakiku, setia menunggu tuannya… ia sahabatku…

sikapnya yg caper sungguh bikin jengkel terkadang… ia suka diperhatikan oleh tuannya maupun tamu yg dtg ke rumah… ia sering sekali minta dielus2… diajak bicara… bermain… bercanda… ia suka meranjuk ke pangkuanku dan berusaha menggapai wajahku dengan tangannya sambil mulutnya menganga, menandakan ia ingin sesuatu…

tenaganya berlebih… makanannya daging… ia buas… galak… gonggongannya membuat takut semua org… bulunya yg hitam membuat semua org mundur ketika melihatnya… geramannya berat dan menakutkan… tak jarang aku pun kadang ngeri olehnya, walaupun aku tau ia takkan berbuat jahat padaku… walaupun tak jarang jg aku dsambar giginya atau cakarnya… namun itu hanya bercanda dan tidak benar2 serius… ia aktif, kaki2nya kuat… kukunya panjang dan menakutkan… matanya indah namun menyala klo kena sinar, membuatnya semakin menakutkan…

ia suka makanan… kaya ga pernah dikasih makan saja…! tidak ada makanan yg tidak dimakan olehnya… sebanyak apapun makanan yg dikasih, pasti habis! lidahnya yg merah lucu saat terjulur keluar… haha… aku sering iseng menarik lidahnya… badannnya kekar dan jalannya tegap…

bahkan dokter hewan pun mengiranya anjing labrador dan memuji… katanya, ada sisa2 tegap, sehat, bagus, ketika masih muda… ya iya lah dok, wong dia dirawat baik… kupingnya hal paling lucu… haha…

skrg ia sakit… semua hal di atas tidak tampak lg padanya… ia tidak menggonggong, ia tidak makan, minum sedikit sekali, ia tidak berjalan, ia tidak berlari, ia tidak tersenyum, ia tidak membuat suasana rumah gembira lg…

aku ga ngerti knp ia bisa bertahan dengan seminggu ga makan… klo ia anjing ras pasti sudah mati…

papa mengabulkan permintaanku unt membawanya ke dokter hewan… gantinya, aku akan merawatnya…

aku akan memberinya obat, aku akan menyayanginya, aku akan merawatnya…

di lain pihak, bny yg hrs aku lakukan… TA… aku kangen razak… dan rasa kangen ini bisa membuatku tambah “sakit”… i mean, i can’t live without him… i do miss him… aku ga bisa melihat matanya yg kecewa ketika aku bilang aku hrs plg k rumah, ketika dia blg dia hrs balik lg ke senayan… i would give him as much time as he wants it… tp aku harus pulang ke rumah… unt memberi obat bomba… aku pikir mama ato papa bisa melakukannya… seberapa baiknya mereka belajar, mrk tidak akan bisa sesabar itu… dan aku juga TIDAK MAU mereka yg memberi obat bomba, karena mereka pasti kasar dan tidak tahu bgmn cara melakukannya, dan bomba pasti akan lbh rewel sm mereka krn yg biasa memberi obat kan aku…

aku melihat bgmn papa dan mama ga bersikap suportif thdku dan bomba… they never will… papa SELALU stres klo bomba susah diberi obat… selalu, “ck…,” “aduuh…,” “ck…” BOSEN AKU DENGERNYA!!! yg ngasih obat aku, yg stres dia! aneh bgt!! aku luar biasa sabar dan menganggap itu tantangan, bahkan aku sambil nyanyi2… aku ga boleh bikin bomba stres, dia hrs tenang n rileks n merasa save… kadang papa marahin bomba dengan nada yg keras, bomba jd takut tp ga tambah nurut juga… kadang papa nepok tangan keras, PLAK, yg kaget ga cm bomba tp aku jg! sinting! mama lg… awalnya dia bantu dengan elus2 bomba, bujuk2 bomba, tp dia ga tau keseharian minum obat ini… dia mendikteku unt beres2 dsb padahal AKU TAHU APA YG KULAKUKAN!!! dia takut unt megangin bomba, tkt digigit, takut dengan geramannya… mama jd marah ketika dia ikutan kaget dengan tepokan papa atau suara keras papa… pas mama mw ngepel lantai, papa ikutan emosi, “nanti aja klo smua ud selese tho keeennnn….. blm habis obatnya… jd org sabar dikit kek!” “udah habiss…!” “belom…!” “udaah!!!” “belum ma, masih ada 1/2 lagi,” kataku… “sok tau kan kamu!” hardik papa… dan keadaan jadi penuh tensi… BISA GA SIH KALIAN SUPPORT AKU DAN BOMBA???!!! yg ngasih obat siapa, yg stres siapa!!! tiba2 sambil ngepel ma2 ngedumel, “mati aja bomba! bikin susah!” trus papa jg ngedumel, “*sigh* diobatin kok ya ga mau thooo……” WOULD YOU BOTH STOP!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! muak aku!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

papa jg minta aku tlp dokternya tny kenapa bomba ga mw makan, pdhal mukanya dan keadaannya lbh baik… GA BISA NGELAKUIN ITU SENDIRI YA? KUDU NUNGGU AKU PULANG????? aku blg, knp ga tlp td aja, knp hrs nunggu aku, jawabnya, “biar km yg nanya…” APA BEDANYA????!!!!!!!! muak aku! capek! papa selalu begitu! apa2 harus aku/mama… ga bisa kerjain sendiri!!!! MANJA!!!!! dan darahku ud naik sbnrnya td, tp aku nahan emosi seakan ga tjd apa2… drpd marah2, capek2, apa sih, males bgt!!!

and now he is still sick… now what? see him die? jantungnya masih baik, kata dokter… klo dia hrs mati krn distemper ini ato krn tumor itu, rasanya ga adil bgt… tp dia jg susah diobatin…

hatiku susah…

nangis ditahan…

how I want so bad, to cry on someone else’s shoulder, to say out loud about my feeling, about what am I going through…

1 Comment »

  1. diah Said:

    How lucky bomba to have u, pris, as his employer..
    all the good things i pray too, for Bomba..

    gw jg pernah ngalamin masa dimana ortu, keluarga, kakak2 gw ngomelin, marahin, bahkan mukul si Shiloh krna dia bandel.😦
    tapi ini sedikit beda mgkn dengan Bomba.
    keep ur spirit for Bomba lah, pris!! dia pasti seneng kalo lo seneng..🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

